Thursday, January 1, 2015

The Wageningen Challenge #5 - Tantangan Keliling Belanda dalam Sehari

Selamat Tahun Baru 2015!!!

Yak setelah sebulan kemaren missing in action, kami kembali lagi dengan postingan terbaru. Maklum lah ya kita orang sibuk go internesyenel. Walopun baru gw doang aja, belum ma cchocomint. Tunggu aja nanti penayangannya 2-3 bulan lagi #iniseriusbukanhasidu

Okeh, balik ke topik.

The Wageningen Challenge episode 5 merupakan episode terakhir dari season ini. Karena pas lagi ngerayain 17 Agustusan, maka kita berdua bersatu padu dalam menyelesaikan tantangan ngelilingin Belanda pake kereta dalam sehari.


Bulan Agustus berarti pas summer, kok pake jaket? Summer di Belanda tetep dingin jendral!

Anyway, dengan bantuan mbak Linda sebagai kameramen, kita berhasil menyambangi 11 dari total 12 provinsi di Belanda dalam 16 jam. Edyan, Belanda emang kecil jendral! Kok bisa ya ngejajah Indonesia yang segini luas #tanyakenapa

Mahal ga sih biaya? Ga juga. Karena di Belanda ada yang namanya dagkaart alias day card. Dagkaart dengan harga diskon biasa dijual pada periode2 tertentu dan ada masa berlakunya. Ada yang dikeluarin langsung dari NS (ini semacam PT. KAI nya Belanda), ada juga yang dikeluarin sama supermarket macem HEMA, Blokker, Kruidvat dan AH. Range harganya mulai dari 14 - 18 Euro.

Dagkaart yang dikeluarin sama AH biasanya berupa activation code di struk belanja. Jadi kita harus masuk dulu ke link yang tertera di struk belanja itu. Setelah diaktifkan, kita bisa print tiket yang dalam bentuk pdf baik langsung ataupun yang dikirim ke email kita. Inget, yang berlaku sebagai tiket adalah tautan yang dalam bentuk pdf.

Trus ada juga yang udah langsung dalam bentuk tiket kayak yang dikeluarin ma Blokker dan Kruidvat.
Dagkaart Blokker

Contoh bentuk tiket dagkaart Kruidvat
 Tiket yang bentuknya kertas kayak gambar di atas harus divalidasi dulu di mesin cap yang ada di stasiun. Ada juga yang bentuknya kayak kartu gitu dan harus divalidasi di mesin check-in/out ov-chipkaart.

Nah kalo udah punya dagkaart, silahkan deh puter2in Belanda ampe mabok.

-sakana-

0 comments:

Post a Comment