Tuesday, March 17, 2015

Tantangan Bandung Bogor (TABOG) ep. 3 - Makanan Khas Bogor

Tantangan yang satu ini emang dirancang khusus buat cchocomint yang doyan makan.

Eh tapi dia mah doyannya ngemil ding bukan makan. Gw yang doyan makan.


Terbukti lah kepiawanan cchocomint dalam hal makan memakan (?) emang ga perlu diragukan. Nah, sekarang mari kita bahas makananannya satu per satu.

Soto Mie Bogor
Yang khas dari Soto Bogor tuh isiannya yang ada mie kuning (ya menurut ngana?) dan potongan risol bihun. Karena udah ada mie dan risol bihun, makan tanpa nasi pun biasanya udah cukup mengenyangkan. Isian sayurannya cuma kol dan tomat. Daging yang dipake biasanya daging tetelan atau kikil. Kuahnya ga bersantan jadi walaupun isinya padat karya banget tapi ngga bikin eneg.

Toge Goreng
Biarpun namanya Toge Goreng, tapi sebenarnya cara masaknya direbus. Cuma karena tempat buat ngerebusnya berbentuk kayak wajan penggorengan, jadilah orang2 nyebutnya toge goreng. Selain toge, bahan lainnya ada tahu, ketupat, 'n mie kuning yang trus disiram bumbu berbahan dasar tauco. Kalo kita ngga makan ditempat alias dibungkus, daun pembungkusnya pake daun pisang kipas. Ini juga jadi salah satu kekhasannya.

Asinan Bogor
Satu lagi makanan yang mengalami disorientasi identitas, karena rasa asinan Bogor ga asin tapi asem-asem pedes. Yang menentukan enak apa ngga asinan Bogor terletak di kuahnya. Kalo perpaduan cuka, cabe, dan terasi pas, dijamin rasanya enak dan segar. Isiannya bisa pilih buah atau sayur. Gw sih lebih suka yang isian buah. Kadang-kadang emak gw suka makan asinan sayur pake nasi. Rasanya aneh kalo menurut gw. Oh iya, supaya makin maknyus, wajib banget dimakan pake taburan kacang goreng 'n kerupuk mie.

Bolu Lapis Talas
Makanan yang satu ini baru nge-heitz sekitar taun 2010-an. Dibuatnya dari tepung talas. Jujur, rasanya kayak bolu biasa dan talasnya ga kerasa. Apa karena emang talas kan ga ada rasanya? Tapi poin plus lah buat pemanfaatan pangan lokal :p

Btw, ngomong2 tentang bolu, biasanyakan bolu kan ada di kue ulang tahun ya. Nah.... si cchocomint baru aja ulang tahun beberapa hari lalu. Yayyy!!! Happy Birthday!!! Ayo semua mari kita doakan supaya cchocomint semakin sakses dan sabar di-bully 'ma gw. Umur makin tua tapi badan ga nambah tinggi ya..... #temenngehe.    

- sakana

0 comments:

Post a Comment